Whatsapp Livechat
sky99idn
Daebak! Shin Tae-yong Bawa 3 Level Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia
Daebak! Shin Tae-yong Bawa 3 Level Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia

Bolaguru.com - Rekor fantastis ditorehkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Sebab, pria asal Korea Selatan itu mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia pada tiga level yang berbeda.

Shin Tae-yong baru saja membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sukses itu didapat usai Rizky Ridho dan kolega menjadi juara Grup K babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Indonesia memenangkan dua laga yang dimainkan di Grup. Tanpa kesulitan yang berarti, Indonesia menang 9-0 atas Chinese Taipei pada matchday pertama. Lalu, menang 2-0 atas Turkmenistan pada matchday kedua.

Sebelum membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2024 Qatar, Shin Tae-yong lebih dulu membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 dan level senior. 

 

Piala Asia U-20 2023

Indonesia memulai perjuangan tampil di Piala Asia U-20 lewat babak kualifikasi. Garuda Muda berada di Grup F, bersama Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste. Indonesia menjadi tuan rumah Grup F, dengan semua laga dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo.

Indonesia menjadi juara Grup F. Hokky Caraka dan kolega menang 4-0 atas Timor Leste, 5-1 atas Hongkong, dan 3-2 lawan Vietnam.

Piala Asia U-20 2023 digelar pada Maret lalu. Indonesia berada di Grup A, bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah, dan Irak. Indonesia mampu mendapat empat poin, tetapi gagal lolos fase grup karena kalah selisih gol dari Irak.

 

Piala Asia 2023 di Qatar

Perjuangan Indonesia untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sangat tak mudah. Skuad Garuda harus berjuang dari babak play-off, ketika menang 5-1 atas Chinese Taipe.

Lalu, pada babak kualifikasi ronde ketiga, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Grup yang sangat sulit bagi Indonesia.

Indonesia gagal menjadi juara Grup A, kalah dari Yordania. Namun, Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah jadi satu dari lima runner-up terbaik dengan enam poin.

Piala Asia 2023 Qatar, Indonesia satu grup dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

 

Sejarah Baru di Piala Asia U-23

Shin Tae-yong mengukir sejarah baru bagi sepak bola Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya, Indonesia akan bermain di putaran final Piala Asia U-23. Pada edisi sebelumnya, Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi.

Di antara tim ASEAN, Vietnam dan Thailand punya catatan paling mentereng di Piala Asia U-23. Keduanya sudah ambil bagian pada empat edisi. Bahkan, pada edisi 2018, Vietnam di bawah kendali Park Hang-seo mampu melaju hingga babak final.

Piala Asia U-23 pertama kali digelar pada 2013 lalu. Ketika itu, Oman tercatat sebagai tuan rumah. Sedangkan, negara pertama yang meraih gelar juara adalah Irak. Pada laga final, Irak menang 1-0 atas Arab Saudi.

REAKSI ANDA?

Comments

https://bolaguru.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Percakapan Facebook